Selasa, 13 Januari 2015

My Diet Diary - update ahh..

Dah lama banget gak ngapdet soal urusan menurunkan berat badan ini, maklum, up and down gitu deh, kadang semangat, kadang nggak, dan seterusnya. Tapi mudah-mudahan di awal tahun 2015 ini gw lanjut lagi, pantang mundur, soalnya ada yang dikejar, hihihi, pengen langsing dan sexy pas ulang tahun pernikahan yang ke 14 tahun bulan April mendatang, doakan yaaa... ;p


berusaha selalu aktif bergerak...
Ini mau apdet lagi karena udah sekitar dua mingguan lanjut lagi setelah sempet pause lama karena ada masalah dengan bekas jahitan sesar, harus bolak-ik ke dokter kandungan dan dokter bedah, tapi alhamdulillah kayaknya nggak ada sesuatu yang serius, jadi bisa lanjut lagi program dietnya..

"mudah-mudahan di awal tahun 2015 ini gw lanjut lagi, pantang mundur, soalnya ada yang dikejar, hihihi, pengen langsing dan sexy pas ulang tahun pernikahan yang ke 14 tahun bulan April mendatang, doakan yaaa... ;p"

Sejauh ini udah lumayan, udah turun 2 kilo-an lagi dan yang gw lakukan cuma banyakin aktifitas fisik di rumah, ngatur makan, salah satunya dengan mengganti sarapan dan kadang makan malam dengan shake + oatmeal. Di tambah dengan nge-gym, gak sering2 amat sih, paling seminggu 2 x maksimal..

sarapan tinggi protein yang wajib ada tiap hari..

Meski pun sebenernya merasa nggak punya waktu buat nge-gym, gw tetap berusaha ngeluangin minimal dua kali seminggu untuk olahraga di sana. Yang pasti gw lakukan adalah lari di treadmill dan latihan beban ringan...

peralatan tempur buat nge-gym




Jumat, 02 Januari 2015

Bekal Menjadi Dewi Rumah Tangga Lewat Rumah Inovasi Philips...



17 Desember 2014 lalu saya diundang untuk berkunjung dan ngobrol di RUMAH INOVASI PHILIPS  yang bertema ‘Membawa Keluarga Hidup Lebih Sehat dan Nyaman.’ 

Wahh, kebetulan sekali, ini sesuai dengan resolusi tahun 2015 saya, yaitu menjadi Domestic Goddess alias Dewi Rumah Tangga, hehehe…

Seperti yang saya tulis di sini, di tahun depan saya ingin lebih mendedikasikan waktu dan tenaga saya untuk menjadi ibu rumah tangga yang lebih baik lagi. Anak pertama saya sebentar lagi masuk SMP, anak ke dua saya sudah menjadi gadis abege, dan saya masih mempunyai si bungsu yang sedang lucu-lucunya, saya ingin berbuat yang terbaik untuk mereka dan tentu saja demi suami dong, ya… Saya ingin bisa masak sehat dan enak, saya ingin rumah lebih rapi dan terawat, tentunya dengan bantuan si mbak dan peralatan yang mendukung agar saya tetap punya waktu untuk diri sendiri, untuk me time dan tentu saja aktualisasi diri.

belajar soal perawatan tekstil bersama mas Fahmi
Di Rumah Inovasi Philips saya belajar banyak hal mengenai homekeeping, misalnya bagaimana menjaga pakaian sesuai dengan bahan-bahannya yang dipandu oleh Fahmi Muhammad, seorang ahli tekstil dari Institut Kesenian Jakarta. Dengan peralatan yang tepat seperti setrika uap atau pengering pakaian maka pekerjaan menyetrika menjadi lebih mudah. Dari mas Fahmi, saya pun makin mengerti bahwa tidak semua jenis bahan pakaian boleh disetrika, Ini bisa dicek dari label care instruction di bagian dalam pakaian. Baju kemeja dan seragam dari bahan katun atau katun campuran sebaiknya selalu disetrika. Untuk sweater, baju olahraga serta pakaian dalam cukup segera dilipat setelah kering dijemur. Untuk syal dan scarf sebaiknya disetrika dengan panas rendah, bahkan scarf dari bahan polyester-blend atau silk-blend serta inner/headband berbahan elastik tidak perlu disetrika karena saat dijemur akan ‘tertarik’ oleh berat air dan ketika kering sudah tidak terlihat lagi serat-serat leceknya. Untuk baju rumahan cukup segera dilipat saat diangkat dari jemuran atau pengering pakaian; kalau diangkat lalu ditumpuk dulu di keranjang (alih-alih segera dilipat) malah akan membuat bajunya tambah lecek sehingga harus disetrika.

belajar masak bersama Chef Yuda, yumm...
Begitu pula dengan memasak dan menyediakan makanan sehat untuk keluarga. Chef Yuda Bustara memberi inspirasi buat saya dalam hal masak-memasak. Bagian yang seringkali paling merepotkan dalam memasak adalah saat harus merajang dan memarut bumbu, menggoreng serta merebus daging agar empuk. Agar praktis, pilih alat dapur dan alat masak yang meringankan pekerjaan ini. Blender atau food processor yang powerful sangat membantu dalam menyediakan stok bumbu dasar di dapur, tidak perlu lagi repot merajang, memarut serta mengulek bumbu. Blender juga memudahkan kita saat menyediakan stok puree buah dan sayuran untuk MPASI si kecil. Untuk yang suka minum smoothies akan lebih mudah disiapkan dengan blender. Smoothies yang diblender lebih sehat pula karena serat buah dan sayuran yang penuh manfaat tersebut ikut diminum, tidak hanya sari buahnya saja. 

Air fryer, still in my wish list!
Nah, salah satu yang paling inovatif buat saya adalah air fryer untuk menggoreng.  Hasil gorengan seperti french fries pun terasa sama renyahnya seperti kalau digoreng deep-fry. Cocok sekali dengan resolusi saya yang ingin membuat masakan yang lebih sehat untuk keluarga, serta keinginan saya untuk mengurangi minyak agar angka timbangan bisa terus turun :)

Untuk menyiapkan olahan lauk daging dan ayam, bisa menggunakan panci pressure cooker yang memanfaatkan panas bertekanan tinggi untuk mengempukkan daging dalam waktu singkat. Tinggal masukkan bumbu, air serta potongan daging sapi atau ayam sejumlah stok lauk yang dibutuhkan, masak 30 menit dengan pressure cooker lalu simpan lauk per porsi dalam wadah atau dibungkus aluminum-foil. Saat akan dihidangkan, tinggal memasak hidangan sayur lalu mengeluarkan lauk per porsi tersebut untuk dipanggang dalam toaster-oven atau dikukus.

Bincang-bincang mengenai alergi bersama dokter Iris.
Dalam kesempatan bincang-bincang di Rumah Inovasi ini juga ada topik mengenai  pencegahan debu dan tungau yang dibawakan oleh Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI. Ini sangat penting buat saya apalagi karena suami dan anak ke dua saya alergi terhadap debu.  Di sini saya belajar mengenai pentingnya menjaga rumah bebas dari debu agar sehat dan nyaman. Contohnya, sebaiknya tidak menggunakan kemoceng untuk membersihkan permukaan perabotan dan jendela karena hanya akan memindahkan debu ke permukaan lain dan debunya beterbangan kemana-mana. Sebagai gantinya, gunakan lap basah yang diberi sedikit cairan pembersih.  Dengan lap basah, debu di permukaan perabotan langsung terangkat tanpa terbang kemana-mana. Untuk membersihkan lantai dan karpet, penggunaan mesin penghisap debu (vacuum cleaner) adalah pilihan yang tepat. Lebih baik lagi jika menggunakan vacuum cleaner dengan HEPA filter agar partikel debu terkecil pun mampu terperangkap. Usai dibersihkan dengan vacuum cleaner, lantai langsung dipel agar sisa lapisan debu yang tertinggal ikut terangkat.

Ada 4 tips mencegah alergi yang disampaikan oleh dokter Iris, yaitu:
1. Mengganti dan mencuci sprei dengan air panas minimal seminggu sekali.
2. Membersihkan sofa dan karpet dengan vacuum cleaner.
3. Menghindari benda-benda yang menjadi tempat menumpuknya debu seperti boneka berbulu, buku, dan bantal.
4. Memakai sprei yang terbuat dari bahan khusus, yang pori-porinya sangat rapat sehingga tidak dapat dilalui oleh tungau debu rumah.  

Pemilihan jenis perabotan dan dekorasi rumah pun tidak kalah pentingnya. Ada beberapa jenis bahan dan kain sofa, tirai jendela serta karpet yang cenderung memerangkap debu; bahan-bahan itulah yang sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya, bisa dipilih sofa dari bahan kulit imitasi dan menggunakan sarung bantal, seprai kasur, selimut, taplak serta tirai jendela dari bahan yang mudah dicuci. Sebaiknya kita meminimalisir pemakaian karpet untuk dekorasi rumah. Penataan meja-kursi, lemari, pajangan serta rak buku di rumah pun perlu diperhatikan agar tidak menyisakan celah-celah sempit yang menjadi tempat bersarangnya debu. Untuk mainan si kecil, alih-alih meletakkannya berjejer di rak, kita bisa menggunakan box plastik besar untuk wadah penyimpanan mainan agar mainannya tidak menjadi sarang debu. Sirkulasi udara dalam rumah juga tak kalah pentingnya. Setelah rumah dibersihkan, sebenarnya masih ada sisa lapisan debu mikroskopik yang tertinggal. Sirkulasi udara yang lancar akan mengangkat debu-debu tersebut ke luar rumah. Pintu dan jendela pun sebaiknya rajin dibuka agar sinar matahari dapat masuk dan mematikan kuman-kuman yang terbawa oleh debu.

Hanya beberapa jam ngobrol dengan para pakar di Rumah Inovasi Philips dan bercengkrama dengan para mama lainnya di sana saya mendapatkan banyak sekali ilmu yang bisa menjadi bekal saya di tahun 2015 untuk menjadi  wanita, ibu serta istri yang lebih baik..

yup!, sepertinya saya siap menjadi Dewi Rumah Tangga di tahun 2015 ini :D

Inspirasi: 

Kamis, 01 Januari 2015

#TUM5Tahun - 5 tahun yang penuh dukungan dan kebersamaan...


Saya masih ingat pada tahun 2009 saya menemukan sebuah komunitas online para mama yang isinya membicarakan lengkap soal parenting. Saat itu saya merasa sudah terlambat untuk bergabung dengan komunitas parenting, karena abang Ken, anak pertama saya, sudah berumur 6 tahun dan adiknya Caca berumur hampir 4 tahun. Namun saat saya secara berkala menjadi pengunjung pasif di theurbanmama.com, saya justru mempelajari banyak hal baru, punya anak umur enam dan empat tahun bukan berarti saya sudah tahu banyak soal anak-anak, soal parenting, dan sebagainya. Ahh, malah banyak momen seperti, "coba gw dulu begini, coba dulu gw begitu, dst" namun untung hanya sebentar karena di forum theurbanmama.com penuh dengan mama yang positif, yang saling mendukung satu sama lain, dan itu terasa seperti tiba-tiba saya punya "kamus besar" parenting yang bisa saya buka kapan saja, seperti punya kelompok supporting yang bisa saya tanyai kapan saja, yang bisa jadi tempat curhat tanpa merasa dihakimi, lengkap deh pokoknya...

tempat berbagi susah dan senang...
Awal tahun 2010 saya pun resmi bergabung sebagai salah satu member theurbanmama.com. Jujur saja, saya merasa menjadi orang tua yang lebih baik dan lebih percaya diri. Ada begitu banyak masukan dan ilmu dari mama-mama yang tidak saya kenal namun tulusnya bisa terasa sampai ke hati, saya pun tergerak untuk melakukan hal yang sama, banyak berbagi dan bercerita dan berharap mama-mama lain pun merasa seperti saya, merasa terbantu, tidak sendirian, dan punya banyak teman...

Tahun 2012, saya bergabung dengan theurbanmama.com menjadi salah satu moderator yang juga bertanggungjawab dalam penyelenggaraan offline events. Di sini saya mulai mengenal orang-orang di belakang theurbanmama.com dengan lebih baik, lebih personal dan saya semakin tahu bahwa situs yang begitu besar ternyata memang dimotori oleh orang-orang yang punya idealisme tinggi, orang-orang yang memang ingin berbagi dengan sesama, terutama para mama lainnya. Suatu kehormatan bagi saya bisa menjadi salah satu dari mereka...

TUM fam mengunjungi panti sosial di Bandung
Tepat pada Hari Ibu tanggal 22 Desember 2014 lalu, TUM family merayakan ulang tahun yang ke lima dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kami mengadakan perayaan sederhana dengan berkunjung ke sebuah panti sosial di daerah Bandung dilanjutkan dengan outing.

salah satu suasana outing yang seruuu...

Di ulang tahunnya yang ke lima ini, dengan haru dan bangga saya bisa mengatakan bahwa puluhan ribu member theurbanmama.com adalah mama-mama yang juga turut membantu saya membesarkan tiga mahluk manis kesayangan saya di rumah, Kenan, Caca, dan Sabil.., terima kasih untuk kalian semua, terima kasih...

Jumat, 26 Desember 2014

Resolusi 2015 - Jadi Domestic Goddess! ;p


Well, seperti tahun-tahun sebelumnya, gw tetep bikin resolusi untuk tahun 2015. Kayaknya gimanaaa gitu kalo gak ada resolusi, hehehe.. tapi jujur aja, kali ini gw gak mau bikin resolusi macem2, panjang lebar pula, nggak. Karena pada prakteknya, seringkali resolusi tinggal resolusi, semangat di awal tahun aja dan saat mulai banyak yang gak tercapai, malah sekalian gw lupain tuh resolusi *malu*

Tahun 2015 ini, yang tinggal beberapa hari lagi, gw punya SATU resolusi utama, yaitu jadi domestic goddes. Yep, betul, domestic goddes, yang kalo menurut yourdictionary.com artinya adalah "a woman who manages a home, cares for a family, and prepares meals with beauty and grace."

Ahahaha, jangan ketawa ya, betulan, itu cita-cita gw dari dulu, pengen jadi perempuan yang bisa mengurus anak-anak, suami, dan rumah dengan sangat baik dan....tetap kelihatan cantik dan keren ;p

"The definition of a domestic goddess is woman who manages a home, cares for a family, and prepares meals with beauty and grace."

Resolusi gw memang cuma satu, tapi poinnya banyak banget untuk membuat resolusi tersebut jadi nyata, antara lain:
  • lebih sabar ke anak-anak
  • disiplin jadi guru buat tiga mahluk manis di rumah (bikin jadwal!!)
  • belajar naek motor (lagi) biar bisa anter2 les - bensin naik, make mobil hanya boleh sesekali aja
  • rajin masak - teteup dibantu si mbak, tapi kan gw yg in charge
  • lebih teliti dng kebersihan dan kenyamanan rumah - dibantu mbak dan peralatan yg oke
  • atur makan - biar sehat dan anak2 serta suami pun lebih sehat
  • lebih rajin olahraga - biar langsing dan keren dong ah..., kan goddes, hehehe...
  • bagusin home office - biar tetep bisa kerja dari rumah dng nyaman
  • jadwalin me time secara teratur- inget, ibu yg baik adalah ibu yg bahagia :)
  • dll
 Nah, panjang kan daftarnya? yep, brarti mulai sekarang udah harus ambil tindakan, mulai!

Kalo resolusi kamu apa? 

Senin, 22 Desember 2014

5 Things I'm Grateful For This Year...


Sekitar dua minggu lagi kita akan memasuki tahun yang baru, tahun 2015. Saat diminta oleh editor The Urban Mama untuk memberikan 5 hal yang paling disyukuri tahun ini, saya langsung merenung. Bukan karena sulit untuk memilih karena sedikit sekali yang bisa disyukuri, namun sebaliknya, saya justru sulit memilih karena alhamdulillah ada begitu banyak hal yang saya syukuri hingga saat harus memilih lima saja, saya benar-benar harus merenung panjang.

Setelah cukup lama 'bertapa' saya akhirnya memberikan 5 hal ini kepada editor:

1. Family, as always. Sesuatu yang paling saya syukuri tahun ini, dan tahun-tahun sebelumnya, dan selamanya. Keluarga inti saya yang sempurna versi saya, keluarga besar yang sangat penuh dukungan di saat yang baik dan terutama saat sedang kesulitan. Ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar ya, sudah sangat jelas soalnya :)

2. Friends and communities. Ini doping saya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dikelilingi teman dan komunitas yang saya sukai benar-benar menambah kebahagiaan saya. Mulai dari teman-teman dekat di kantor Rouse, The Urban Mama family yang tak hanya menjadi rekan kerja namun juga teman yang menyenangkan, komunitas The Urban Mama yang sudah seperti teman antara sesama membernya,  geng SMP yang punya nama unik, teman-teman pecinta alam, komunitas #mamarunners, komunitas MamaTalks, dan komunitas-komunitas lainnya.

3. New healthy habits. TUM lewat #theurbanfit serta komunitas #mamarunners sangat berkontribusi penting dalam membuat saya semakin semangat berolahraga. Sedangkan minum juice dan smoothies berawal dari keterlibatan saya dengan campaign #juicebehealthy yang ternyata menjadi kebiasaan yang sangat menguntungkan bagi saya dan keluarga.

4. Ide bisnis baru. Baru sampe tahapan bikin sample sih, tapi saya excited luar biasa. Selalu menyenangkan kalau passion kita ternyata bisa menghasilkan uang ;p

5. Perkembangan anak-anak. Perkembangan Ken, caca, dan si bungsu yang membanggakan, yang selalu saya syukuri sekecil apa pun itu.

Intinya, semua hal, sekecil apa pun itu selalu saya syukuri dan nikmati. Hidup itu indah dan saya ingin menikmatinya detik demi detik, hari demi hari hingga tahun demi tahun..



Jumat, 05 Desember 2014

Ini dia 5 Resep Juice Favorit saya...


Sejak rajin ngejus, ada beberapa jus dan smoothies yang menjadi favorit saya dan keluarga, antara lain adalah 5 jus ini.

Selamat mencoba fitmama!

JUICE/SMOOTHIES 1- saya dan suami serta abang suka jus ini, tapi tidak untuk kaka dan si bungsu..

BAHAN Juice/Smoothies 1:
1/2 buah bit
1/2 buah pear
1/2 buah wortel
1/2 buah timun
2 buah belimbing wuluh
sepotong kecil jahe


JUICE 2: ini jus favorit anak2 yg terbuat dari wortel, tomat,jeruk nipis, dan nanas, yum!
BAHAN Juice 2:
1 buah wortel ukuran besar
1buah timun
1buah tomat
1/2buah jeruk nipis
1/8 buah nanas


JUICE 3 - jus bayam ini ternyata enak lho, sampai2 abang minta dibawakan sbg bekal sekolah...

BAHAN Juice 3:
2 genggam bayam hijau
1 buah pear
1 buah timun
1 buah jeruk nipis
1/8 buah nanas


JUICE/SMOOTHIES 4 - ini jg favorit si bungsu
BAHAN Juice 4:
1 buah mangga
1/4 buah pisang
1 buah jeruk manis
1/8 buah nanas (optional)



Juice 5 - ini juga favorit si bungsu karena rasanya yang manis dan segar

BAHAN Juice 5:
1/8 buah semangka
1 buah wortel ukuran kecil
1 buah tomat
1 buah lemon

CATATAN:
- Gunakan blender atau juicer yang ada di rumah, namun pastikan bahwa alat tersebut mampu mempertahankan nutrisi dan serat dari buah atau sayuran yang kita buat.
- pilih buah dan sayuran yangs sedang musim sehingga aktivitas membuat jus bukan berarti menambah pengeluaran karena buah atau sayur yang mahal dan sulit didapat.
-Untuk membuat smoothies, serat tidak perlu dibuang, tapi jika ingin jus, saringlah seratnya lebih dulu sebelum dikonsumsi.
-Untuk jus sayuran, saya hanya menggunakan daunnya saja, batang dibuang.
-Timun biasanya tidak saya kupas, wortel pun hanya dikikis kulitnya. Jeruk nipis dikupas kulitnya menggunakan pisau.


Senin, 01 Desember 2014

Review Resolusi 2014


Duhh, gak terasa banget ya tau-tau udah bulan Desember aja dan dalam hitungan minggu kita udah akan masuk ke tahun yang baru, 2015.

Ngomong2 soal tahun baru, sebelum bikin resolusi baru lagi, gw pengen nge-review resolusi gw tahun 2014 ini, apakah ada kemajuan, tercapai, atau bahkan gw lupakan, hehehe..

Resolusi tahun 2014 gw, sepeti pernah gw tulis di sini, adalah:

1.  Bikin bekal sehat buat anak-anak - check! - tapi perlu usaha ekstra lagi nih...


2. Rutin olahraga - check!

3. Hemat - Lumayan

4. Nulis buku - X gak tercapaiiii! sebel! - harus jadi resolusi lg deh tahun 2015..


5. Bekerja lebih baik - Lumayan, tapi nggak maksimal kayaknya :(


Oks, berarti untuk bikin resolusi 2015 gw masih harus masukin beberapa poin dari resolusi gw tahun 2014. Mudah2an bisa membuat hidup gw lebih mudah dan teratur :) 



Jumat, 28 November 2014

10 Manfaat Utama Minum Jus...


Juicing for better health!

Sudah sebulan terakhir ini saya rajin membuat juice dan smoothie untuk kami sekeluarga. Awalnya saya membuat juice untuk menyiasati ketiga anak saya yang sangat susah makan sayur dan buah. Daripada mereka kekurangan nutrisi-nutrisi penting yang seharusnya mereka dapatkan dari sayuran dan buah-buahan, saya mengambil 'jalan pintas' membuat jus dan 'memaksa' mereka meminumnya :)

Awalnya memang sedikit sulit membiasakan mereka meminum jus tersebut, apalagi jus sayuran, namun dengan perpaduan bahan-bahan yang tepat dan menggunakan blender yang menurut saya sesuai, rasa langu yang biasanya ada kini tak terasa lagi, kalau menurut suami saya, pisau penghancur yang kurang baik berpengaruh pada rasa juice mau pun smoothies yang kami buat. Apalagi kami sekarang menggunakan blender Electrolux yang mampu menghancurkan bahan-bahan, termasuk es batu, namun tetap mepertahankan serat buah dan sayurannya.

Sejak rajin minum juice dan smoothies, ada banyak perubahan positif yang saya rasakan, dari mulai tubuh yang vterasa lebih fit, tidak mudah lapar, sampai pencernaan yang lancar.

Ini dia 10 manfaat utama yang bisa kita dapatkan jika rajin mengkonsumsi juice:

1. Membuat tubuh lebih fit. Tentunya karena kandungannya yang sehat, badan akan terasa lebih enak dan fit. Catatan saya pribadi, saat tubuh sering dimasuki makanan yang kurang sehat seperti gorengan, karbohidrat berlebihan, dll, tubuh sering terasa lemas dan mengantuk, dan saat saya memperbanyak konsumsi jus dan mengurangi makanan yang kurang sehat, rasa sering ngantuk pun hampir tidak pernah mampir lagi (kecuali malamnya kurang tidur, hehehe..)

2. Memberikan kecukupan cairan bagi tubuh. Seperti sudah kita ketahui bahwa rekomendasi air yang kita konsumsi setiap harinya adalah minimal 8 gelas, jadi jus yang kita minum menambah suplai air yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

3. Detoksifikasi. Jus membantu tubuh menghilangkan toksin dengan cara membersihkan saluran pencernaan.

4. Menurunkan berat badan secara alami. Ini penting sekali buat saya yang sedang berusaha menurunkan berat badan ;p. Menurut yang saya baca, jus membakar lemak yang menyimpan toksin, selain itu, dengan mengkonsumsi jus saya merasa lebih fit dan lebih cepat kenyang, otomatis makanan dan cemilan yang masuk pun berkurang dan ini sedikit demi sedikit membantu saya dalam proses penurunan berat badan secara alami.

5. Menyehatkan kulit, rambut, dan kuku. Kulit menjadi lebih cerah dan tidak kusam.

6. Meningkatkan kualitas tidur. Ini beneran lho, sebelumnya saya agak susah tidur dan sering begadang, tapi akhir-akhir ini saya bisa dengan mudahnya tidur dan bangun pagi-pagi.

7. Salah satu pencegahan terhadap penyakit.

8. Kaya akan klorofil.

9. Antioksidan.

10....dannn..., ehemmm, meningkatkan kualitas sex! - gak perlu dijelasin kali yaa?? ;p



Nah, banyak kan manfaat nge-jus?, gampang lagi bikinnya, nggak punya juicer, bisa pake blender, praktis dan terjangkau..., dan kalau mau lihat beragam tips sehat dan resep jus yang enak dan segar, cek aja facebook fans page-nya Electrolux Indonesia ya..

Selamat hidup sehat!
***

Kamis, 27 November 2014

#15MinsDIY - Tempat Pensil Untuk si Kecil...


Hanya punya sedikit waktu untuk bikin craft?, coba ide dari mamahemat.com ini untuk bikin tempat pinsil si kecil dari kain flanel sisa, yuk?

Ini dia bahan-bahan yang dibutuhkan serta langkah pembuatannya. Have fun!!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1.Kain flane, ukuran bebas, sesuaikan saja dengan alat-alat tulis yang akan dimasukan ke dalamnya.

2.Sisa-sisa kain flanel yang dibentuk menjadi aksesoris, bisa bentuk love, mobil2an, bacpack, dll

3.Lem uhu

4.Jarum dan benang (optional) - Jika ingin tanpa jahitan, lem sekeliling tempat pensil dengan lem uhu, jika ingin dijahit dengan tangan, gunakan jarum dan benang sulam warna-warni.

Langkah pembuatannya:





 






SELAMAT MENCOBA, MAMA :)

Rabu, 26 November 2014

Asiknya Bersama...

  "I think togetherness is a very important ingredient to family life" 

Barbara Bush

Sebagai seorang ibu, saya sadar betul bahwa kebersamaan dengan keluarga adalah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan berkeluarga. Berawal dari kebersamaan akan ada begitu banyak cinta dan cerita yang akan menemani anak-anak saya tumbuh dewasa..

Namun, kesibukan sebagai ibu bekerja (part-time kantoran dan bekerja dari rumah) kadang membuat waktu kebersamaan bersama keluarga, terutama, anak-anak, tidak terlalu banyak. Untuk menyiasati hal tersebut, saya berusaha sekuat tenaga untuk mempersiapkan dan mengorganisir waktu kebersamaan bersama anak-anak dan suami, apalagi tiga anak saya adalah tipe yang senang sekali menghabiskan waktu bersama, di mana pun dan kapan pun.

Teringat penjelasan dari mbak Efnie Indiranie, M.Psi, psikolog anak, saat saya datang di acara community gathering yang diadakan oleh OREO, bahwa kedekatan yang tercipta dalam keluarga akan berdampak positif terhadap proses perkembangan anak dan kedekatan tersebut bisa dibangun lewat hal-hal sederhana seperti melakukan sharing kegiatan sehari-hari dengan anggota keluarga lainnya atau melakukan permainan interaktif bersama-sama. Disinilah peran ibu menjadi sangat penting karena naluri ibu bisa mengukur sejauh mana keluarga perlu untuk menginvestasikan waktu, memberi energi dan komitmen membangun kebersamaan keluarga setiap hari.

Olahraga bersama anak2 dan keponakan, serunya luar biasa...
Kebersamaan memang harus diciptakan, saya sendiri berusaha melibatkan anak-anak dalam hampir setiap kegiatan saya, bahkan ada saat saya atau suami mengajak anak-anak, terutama yang sudah besar, ke tempat kami bekerja, selain agar kami lebih dekat juga agar mereka mengenal dan mengerti pekerjaan kami masing-masing.

Saat berolahraga pun bisa menjadi saat kebersamaan bagi kami semua. Contohnya saat saya sedang jogging, ketiga anak saya, dua orang keponakan, serta suami saya ikut serta. Kami lari-lari kecil di danau dekat rumah, lalu setelah itu ngobrol di tepi danau sambil ngemil Oreo. Rasanya tak tergantikan senangnya...

Nah, buat mama yang selalu berusaha menciptakan kebersamaan di tengah keluarga, jangan lupa ya untuk ikutan kompetisi #asiknyabersama dengan rincian seperti di bawah ini. Yuk segera ambil kamera dan berkreasi :)


                                                                             ***